2019 ECU Canggih Akan Di Gunakan Moto2

Moto2 akan menggunakan miliknya Triumph Selain ubahan pada mesin sepeda motor, panitia penyelenggara ajang MotoGP, juga akan menghadirkan electronic control unit (ECU) baru pada 2019.
Sistem tersebut bakal dipasangkan oleh Magneti-Marelli, di mana merek itu sudah pemasok ECU terpadu untuk MotoGP. Magneti-Marelli telah memenangkan tender, yang akan menampilkan teknologi yang lebih maju, demi menutup kesenjangan dengan sistem elektronik di MotoGP sebagai kelas utama.
Tak Berbeda dengan miliknya kelas MotoGP ECU yang akan diboyong untuk Moto2, namun ada beberapa fitur-fitur yang ada di kelas utama, tapi tidak akan tersedia di Moto2 pada musim pertama.
"Marelli sebagai pemenang tender dan modelnya sudah diputuskan. ECU tersebut punya spesifikasi lebih rendah daripada MotoGP, karena lebih berorientasi biaya," kata Direktur Teknologi MotoGP Corrado Cecchinelli melansir Crash.net, Rabu (12/7/2017).
Cecchinelli beranggapan, kalau saat ini ada satu penghalang yang harus dilalui, yang efeknya bakal mengompensasi 90 persen gap, antara Moto3, Moto2 dan MotoGP. Dari ECU baru tersebut, akan berkembang ke teknologi dan fitur dasar, seperti ride by-wire dan proper engine braking strategy.
Ride-by-wire sendiri punya makna, kalau tak ada koneksi fisik (kabel) antara pegangan throttle (handle gas) dan mesin. "Sekarang mereka menggunakan sistem kabel lawas, di mana itu akan membuat Moto2 kehilangan aspek utama dari balapan modern,” ucap Cecchinelli.
Untuk fitur ride-by-wire paling dasar saja, setidaknya tim mekanik bisa menyetel kurva torsi mesin dengan tepat, dan banyak keuntungan lainnya. Ketika sudah menggunakan teknologi tersebut, sepeda motor akan memiliki kontrol yang baik untuk melakukan engine braking.
"Setelah langkah-langkah dasar tersebut direalisasikan, tim belap bisa terus mengembangkan teknologi ride-by-wire yang menjurus pada model teknologi chassis control strategies, seperti salah satunya anti-wheeli,” ujar Cecchinelli.
0 Comment
Posting Komentar